Jumat, 09 September 2011

KATA SLAG, JARGON DAN IDIOM


                              Kata  Jargon, Kata Slang dan Kata  Percakapan

A.  Kata  Jargon merupakan kata-kata teknis yang digunakan secara terbatas dalam bidang ilmu, profesi,atau kelompok tertentu. Kata-kata tersebut sering merupakan kata sandi atau kode rahasia untuk kalangan tertentu (dokter, militer, perkumpulan rahasia, dst.
Contoh Sikon (situasi dan kondisi)
                Pro dan kon (Pro dan kontra)
                Kep (kapten)
                Dok (dokter)
                Prof (Profesor)
                Prik (suntik)
                Kep (Kapten)
Jargon berfungsi  untuk mempermudah penuturnya mengungkapkan keterangan yang panjang dan berbelit-belit atau dikenal dengan bahasa percakapan.
Contoh dibidang medis bagi kelompok paramedis, istilah pemindahan organ tubuh seperti kandung kemih, empedu (saluran kencing) melalui operasi disebut dengan ”Cholecystectomy”
Contoh dibidang  Biologi ”Orriza Sativa” atau menyatakan tumbuhan yang dikenal masyarakat umum sebagai pakis sarang burung dengan menggunakan istilah ”Asplenium Nidus”.
Contoh dibidang hukum dan perundang-undangan istilah ”Involuntary conversion” artinya kehilangan atau kerusakan barang karena pencurian ataupun kecelakaan.

Contoh istilah komputer ”Dynamic random access memory” ”Read only memory”
Penggunaan jargon dapat meningkatkan prestise, citra penggunannya  apalagi jargon itu dikaitkan dengan profesi tertentu yang dinikmati oleh kelas sosial yang tinggi. Meskipun jargon memainkan peranan legitimasi, namun dalam prakteknya istilah jargon tersebut sering pula mengalami penyalahgunaan oleh kalangan tertentu yang menggunakan jargon untuk tujuan  menyesatkan orang lain.
B.  Kata-kata Slang adalah kata percakapan yang tinggi dan murni, kata-kata yang nonstandar yang disusun secara khas, kata-kata biasa yang diubah arbitrer, kata-kata kiasan yang khas, bertenaga dan jenaka yang dipakai dalam percakapan. Dapat dihasilkan dari salah ucap yang disengaja, atau sebuah kata diberi makna lain. Contoh bus, taksi, bom-H, kata bahasa Indonesia mobil dapat diubah wujudnya menjadi bo”il, bolim, demobs atau kosmob.
Kelompok yang berbeda menggunakan slang yang berbeda pula contohnya
Slang Amerika:”What”s up, dude?”
Slang Inggris:”Alright?”
Slang Australia:”G”day, mate!”
Slang umum:”How”s it going?”

Contoh kata-kata Slang
Vehiculum omnibus (kendaraan untuk umum)
Auto mobil, taxy cab (kereta yang disewakan)
Bom-hidrogenium
Mula-mula adalah kata slang, tetapi sekarang diterima sebagai kata-kata populer. Kata-kata slang mengandung dua kekurangan yaitu hanya sedikit yang dapat hidup terus dan sering menimbulkan ketidakssuaian.
Contoh kata-kata slang yang suatu waktu populer dan mulai menghilang.
Rapi jali
Mana tahan
Elu lagi, elu lagi
Dulu kata-kata ini terasa begitu populer dan digunakan oleh banyak masyarakat, tapi kini terasa kehilangan tenaganya.
C.Idiom
    Idiom adalah suatu ungkapan (seperti istilah atau frase) yang maknannya tak dapat diturunkan dari definisi langsung dan penyusunan bagian-bagiannya, melainkan merupakan suatu makna tak langsung yang hanya dikenal melalui penggunaan umum. Dalam lingusitik, idiom umumnya dianggap merupakan gaya bahasa yang bertentangan dengan prinsip penyusunan (principle of compositionality), walaupun masih terjadi perdebatan mengenai hal tersebut. Idiom dapat membingungkan orang yang belum terbiasa dengannya. Orang-orang yang belajar suatu bahasa baru harus mempelajari ungkapan idiom bahasa tersebut sebagaimana mereka mempelajari kosakata lain dalam bahasa itu. Pada kenyataanya, banyak kata dalam bahasa alami yang berasal sebagai idiom tapi telah terasimilasi baik sehingga justru kehilangan makna langsungnya.
    Contoh: kaki tangan, meja hijau,,


  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar