MODUL BAHASA INDONESIA
OLEH
Nata Margareta, S.Pd
Perguruan Tinggi ASM
Tahun Ajaran 2011 / 2012
Program Studi Sekretaris
Tujuan Perkuliahan
1. Mahasiswa dapat berkomunikasi secara efektif dan efisien.
2. Mahasiswa mampu m
enghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia 3. Mahasiswa mampu menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
4. Mahasiswa mampu membuat kalimat efektif.
5. Mahasiswa mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam penulisan tugas akhir (Karya Ilmiah, makalah dan Skripsi) dengan baik.
Buku yang Digunakan
1. Inilah Bahasa Yang Benar I, II, III karangan J.S. Badudu. Gramedia.Jakarta. (1996,1994)
2. Cakrawala Bahasa Indonesia II. Karangan J.S.Badudu. Gramedia.Jakarta.(1992).
4. Buku Pintar Penyuntingan Naskah. Karangan Pamusuk Eneste. Gramedia.Jakarta. (1995).
5. Komposisi. Karangan Gorys Keraf. Nusa Indah. Ende. (1984)
6. Diksi dan Gaya Bahasa. Karangan Gorys Keraf. Gramedia. Jakarta.(1996).
7. Argumentasi dan Narasi. Karangan Gorys Keraf. Gramedia.Jakarta.(1997).
8. Kelas Kata Dalam Bahasa Indonesia. Karangan Harimurti Kridalaksana. Gramedia. Jakarta. (1994).
9. Berbahasa Indonesia dengan Benar. Karangan Dendy Sugono. Puspa Swara. Jakarta. (1998).
10. Enam Langkah Jitu Agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca. Karangan Wahyu Wibowo. Gramedia.Jakarta. (2002).
11. Seni Menggayakan Kalimat. Karangan A. Widyamartaya. Kanisius. Yogyakarta. (1995).
12. Pedoman EYD. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdiknas. Bandung. 2001
Tugas Mahasiswa
Tugas Individu
(a) 1 Minggu Sebelum UTS “membuat makalah
tentang Pengajaran Bahasa Indonesia”
(b) 1 Minggu Sebelum UAS “Membuat
Outline Skripsi Sederhana Berkaitan dengan tugas akhirmu”
(c) Latihan-Latihan
Tugas Kelompok
Membuat makalah (dijilid dan dalam bentuk power point). Materi disesuaikan dengan bahan yang sudah ditentukan.
Format Penulisan Tugas Individu 1
Cover depan/Halaman judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan (Latar Belakang,Masalah,Tujuan,Manfaat)
Bab II Kajian Pustaka (Teori-teori yang digunakan)
Bab III Pembahasan Masalah
Bab IV Penutup (Kesimpulan dan Saran)
Daftar Pustaka
(Tulisan font 12, Times New Roman,Kertas A4,Spasi 2) ukuran kertas 4,4,3,3
Format Tugas Individu 2
Cover depan/Halaman judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan (Latar Belakang,Masalah,Tujuan,Manfaat)
Bab II Kajian Pustaka (Teori-teori yang digunakan)
Bab III Metode Penelitian (Bentuk Penelitian,Alat dan Bahan,Teknik dan alat pengumpul data,Teknik analisis data)
Bab IV Penutup (Kesimpulan dan Saran)
Daftar Pustaka
(Tulisan font 12, Times New Roman,Kertas A4,Spasi 2) ukuran kertas (4,4,3,3) Format Penulisan Tugas Kelompok
Cover depan
Bahasan materi
Daftar Pustaka
Dijilid dan Power Point
(Dipresentasikan)
(Tulisan font 12, Times New Roman,Kertas A4,Spasi 2) ukuran kertas (4,4,3,3)
Evaluasi
Nilai minimal C
A -- (100 – 80)
B -- (79 – 70)
C -- (69 – 50)
D -- ( > 49 )
TL -- ( Tidak Lengkap)
Kreativitas -- 10 %
Nilai Tugas -- 20 %
Nilai Mid Semester -- 30 %
Nilai Ujian Akhir -- 40 %
Materi Diskusi
1. EYD (huruf kapital,huruf miring,penulisankata, Penulisan Singkatan,dan akronim) (tampil 1)
2. EYD (Penulisan angka, lambang bilangan penulisan unsur serapan, tanda baca) (tampil 2)
3. Bentuk dan Makna (fonem,morfem,kata, dan frasa) (tampil 3)
4. Bentuk dan Makna (pembagian jenis kata,makna, dan perubahannya) (tampil 4)
5. Diksi (ketepatan memilih kata,gaya bahasa dan idiom) (tampil 5)
6. Kalimat (Unsur kalimat dan pola kalimat dasar) (tampil 6)
7. Kalimat (jenis kalimat dan kalimat efektif) (tampil 7)
8. Alinea/Paragraf (struktur paragraf/alinea dan persyaratan alinea/paragraf) (tampil 8)
9. Alinea/Paragraf (jenis alinea/paragraf dan pengembangan alinea) (tampil 9)
10. Topik, Judul dan Kerangka Karangan (tampil 10).
11. Penulisan Karangan (mengarang dan karangan,karakteristik karangan ilmiah,semiilmiah,dan nonilmiah) (tampil 12).
12. Penulisan Karangan (penulisan karangan ilmiah) (tampil 13)